RSS
Galeri

Di Mabuk Durian ….

26 Des

Jika berkunjung ke Kota Malang, jangan lupa beli buah Durian. Bukan karena kita sedang panen durian lho, tapi masyarakat di sini lagi “dimabuk durian”. Perhatikan saja, hampir di setiap sudut kota ini dihiasi para penjual durian. Salah satunya di sepanjang jalan menuju kawasan Dinoyo. Disini, Anda bisa memilih durian sesuka hati. Harganya murah (bila dibandingkan dengan di Istana Buah) mulai harga Rp 10.000 saja per buahnya.

Buah yang satu ini memang enak (bagi yang suka), bagi yang tidak suka jangankan makan buahnya, mencium aromanya saja pasti tidak mau. Maklum, aroma buah yang satu ini memang sangat menyengat.

Nah, mumpung sekarang musim mabuk durian, saya akan bagi-bagi tips gratis cara memilih dan membeli buah durian yang baik dan benar. Karena, milih buah Durian itu susah-susah gampang. Diantaranya :

  1. Pada umumnya jika kita hendak membeli dan memilih buah durian tentu pengennya kan yang matang biar langsung bisa dimakan begitu sampai dirumah dan rasanya mack nyuss… Nah salah satu ciri jika durian sudah matang, biasanya kulitnya layaknya umumnya pada buah-buahan warnanya kuning kecoklatan. Kemudian jangan lupa memastikan keadaan kulit juga masih dalam keadaan bagus yaitu bebas cacat, hal ini tentunya sangat membantu agar kita tidak membeli buah yang telah busuk. Jangan juga memilih buah durian yang kulitnya pecah atau retak, karena jika kulit sudah tidak bagus walaupun sudah matang pasti akan mempengaruhi aroma bau-nya, sehingga rasanya tidak mungkin menjadi tawar atau asam.
  2. Kemudian perhatikan durinya, durian tua yang siap di santap biasanya durinya akan menjadi tumpul dan lebih jarang jika dibandingkan dengan buah durian yang muda. Karena durinya jarang, membuat bentuk duri tersebut menjadi lebih agak sedikit besar dan ini akan keliatan cukup jelas diamati dengan mata telanjang (gak perlu pakai mikroskop kok he4x). Nah jika telah menemukan bentuk duri seperti itu, maka kemungkinan besar isi duriannya bagus dan dapat memuaskan rasa kuliner kita karena isinya besar, manis, dan kering (pokoknya pas dech).
  3. Jangan lupa juga sebisa mungkin untuk melirik bentuk buah durian yang unik dari pada yang lain (tidak terlalu bulat), karena biasanya bentuk seperti ini isinya lebih tebal dan berbiji kecil.
  4. Buah durian yang tua dan bagus biasanya isinya akan kering dan sedikit terlepas dari cangkangnya. Nah, oleh karena itu sebisa mungkin goyangkan buah durian yang hendak akan dipilih dan dibeli, jika ternyata setelah digoyangkan ada sedikit getaran kecil berarti isi didalamnya telah matang dan kering. Namun jika tidak ada getaran maka isi didalamya masih muda sehingga lunak dan isinya masih lengket dengan cangkang dalamnya.
  5. Kemudian cium baunya, jika baunya menyengat kuat dan harum, berarti sudah dapat ditebak isi di dalamnya benar-benar telah matang. Namun jika penjual mengatakan buah tersebut sudah matang tapi ketika kita cium tetap gak terlalu tercium baunya maka kemungkinan besar buah tersebut matang tidak alami, yaitu missal di karbit. Mungkin sebagian dari kita pengennya sih mendapatkan buah yang mateng dari pohonnya. Nah untuk mencari tahu hal ini, kita dapat melihat ujung tangkai buah durian. Jika ujung tangkai tersebut rata, berarti buah tersebut dipotong dari pohonnya dengan pisau. Nah jika ujung tangkainya tidak rata berarti buah tersebut jatuh dari pohonnya karena telah matang di pohon. (http://marikemari.com/cara-memilih-buah-durian/) … Selamat berburu buah Durian ..  (ina)
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Desember 26, 2011 in Info Menarik

 

One response to “Di Mabuk Durian ….

  1. ainijisue

    Januari 5, 2012 at 11:09 am

    hmm,, boleh deh di coba tips nya…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: