RSS

Arsip Bulanan: Desember 2011

Galeri

Di Mabuk Durian ….

Jika berkunjung ke Kota Malang, jangan lupa beli buah Durian. Bukan karena kita sedang panen durian lho, tapi masyarakat di sini lagi “dimabuk durian”. Perhatikan saja, hampir di setiap sudut kota ini dihiasi para penjual durian. Salah satunya di sepanjang jalan menuju kawasan Dinoyo. Disini, Anda bisa memilih durian sesuka hati. Harganya murah (bila dibandingkan dengan di Istana Buah) mulai harga Rp 10.000 saja per buahnya.

Buah yang satu ini memang enak (bagi yang suka), bagi yang tidak suka jangankan makan buahnya, mencium aromanya saja pasti tidak mau. Maklum, aroma buah yang satu ini memang sangat menyengat.

Nah, mumpung sekarang musim mabuk durian, saya akan bagi-bagi tips gratis cara memilih dan membeli buah durian yang baik dan benar. Karena, milih buah Durian itu susah-susah gampang. Diantaranya :

  1. Pada umumnya jika kita hendak membeli dan memilih buah durian tentu pengennya kan yang matang biar langsung bisa dimakan begitu sampai dirumah dan rasanya mack nyuss… Nah salah satu ciri jika durian sudah matang, biasanya kulitnya layaknya umumnya pada buah-buahan warnanya kuning kecoklatan. Kemudian jangan lupa memastikan keadaan kulit juga masih dalam keadaan bagus yaitu bebas cacat, hal ini tentunya sangat membantu agar kita tidak membeli buah yang telah busuk. Jangan juga memilih buah durian yang kulitnya pecah atau retak, karena jika kulit sudah tidak bagus walaupun sudah matang pasti akan mempengaruhi aroma bau-nya, sehingga rasanya tidak mungkin menjadi tawar atau asam.
  2. Kemudian perhatikan durinya, durian tua yang siap di santap biasanya durinya akan menjadi tumpul dan lebih jarang jika dibandingkan dengan buah durian yang muda. Karena durinya jarang, membuat bentuk duri tersebut menjadi lebih agak sedikit besar dan ini akan keliatan cukup jelas diamati dengan mata telanjang (gak perlu pakai mikroskop kok he4x). Nah jika telah menemukan bentuk duri seperti itu, maka kemungkinan besar isi duriannya bagus dan dapat memuaskan rasa kuliner kita karena isinya besar, manis, dan kering (pokoknya pas dech).
  3. Jangan lupa juga sebisa mungkin untuk melirik bentuk buah durian yang unik dari pada yang lain (tidak terlalu bulat), karena biasanya bentuk seperti ini isinya lebih tebal dan berbiji kecil.
  4. Buah durian yang tua dan bagus biasanya isinya akan kering dan sedikit terlepas dari cangkangnya. Nah, oleh karena itu sebisa mungkin goyangkan buah durian yang hendak akan dipilih dan dibeli, jika ternyata setelah digoyangkan ada sedikit getaran kecil berarti isi didalamnya telah matang dan kering. Namun jika tidak ada getaran maka isi didalamya masih muda sehingga lunak dan isinya masih lengket dengan cangkang dalamnya.
  5. Kemudian cium baunya, jika baunya menyengat kuat dan harum, berarti sudah dapat ditebak isi di dalamnya benar-benar telah matang. Namun jika penjual mengatakan buah tersebut sudah matang tapi ketika kita cium tetap gak terlalu tercium baunya maka kemungkinan besar buah tersebut matang tidak alami, yaitu missal di karbit. Mungkin sebagian dari kita pengennya sih mendapatkan buah yang mateng dari pohonnya. Nah untuk mencari tahu hal ini, kita dapat melihat ujung tangkai buah durian. Jika ujung tangkai tersebut rata, berarti buah tersebut dipotong dari pohonnya dengan pisau. Nah jika ujung tangkainya tidak rata berarti buah tersebut jatuh dari pohonnya karena telah matang di pohon. (http://marikemari.com/cara-memilih-buah-durian/) … Selamat berburu buah Durian ..  (ina)
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Desember 26, 2011 in Info Menarik

 
Galeri

Panggil “aku” Soto Basket

Lokasi : Pasar Besar

Ini dia satu lagi variasi soto di Kota Malang, Soto Basket. Apalagi nih?

Pertama kali mendengar namanya, imajinasi saya langsung kepada soto yang isinya pentol bakso yang berukuran besar, sebesar bola basket. Tapi, ternyata saya salah. Soto ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan pentol bakso.

Dinamakan Soto Basket karena awal warung ini berdiri tuh berada dekat dengan lapangan basket Bima Sakti (sekarang menjadi Plaza Gajah Mada). Tapi sekarang sudah pindah di di Jalan Pasar Besar. Soto dagingnya enak, disajikan dengan kuahnya yang bening. Sangat cocok bagi Anda yang tidak suka soto bersantan. Tampilannya cukup menggoda, membuat saya tak sabar ingin menyantapnya. Kuah soto yang berlimpah, dengan potongan daging yang besar-besar membuat mata saya melebar. Huaahhh…. Ditambah aromanya yang sedapp karena ada taburan tauge/kecambah, daun seledri dan bawang gorengnya, kombinasi yang pas sekali. Agar lebih istimewa beri sedikit perasan jeruk nipis, dijamin akan memberi sensasi yang lebih gurih, asam, segarrr..!

Untuk lauk pendamping ada banyak pilihan seperti tempe goreng, empal saging sapi, perkedel, sate komoh, otak sapi goreng, babat rawis, telur asin, telur mata sapi, maupun dendeng paru yang renyah. Tak lupa kerupuk ikan tengiri dan kerupuk udang yang tersaji di setiap meja.

Minuman yang bisa mendampingi santap Anda, tersedia teh, kopi, kopi susu, cappucino, teh susu, es joshua, es soda gembira, es teh, es jeruk, atau es sirop. Penasaran?…Langsung datang aja ke warung Soto Basket. Dibuka mulai pukul 06.30 pagi hingga 12.00 siang.

Cukup dengan harga Rp 7.00, kita sudah bisa menikmati satu porsi Soto Basket lengkap dengan lauk pendamping. Untuk menu favoritnya disini adalah seporsi Soto Basket lengkap dengan sebutir telur asin dan segelas es teh. Hanya Rp 10.000 saja lho… murah kan?

Selamat mencoba… ( ina )

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 26, 2011 in Pilihan Menu

 
Galeri

DEPOT JOGJA

Jl. Raya Mulyoagung 241, Dau, Malang (Depan Polsek Dau)

 

                Sesuai namanya, depot sederhana ini menyajikan makanan khas Kota Yogyakarta, khususnya gudeg. Makanan manis yang berbahan nangka ini merupakan menu utama yang menjadi favorit pengunjung.  Satu porsi menu terdiri dari nasi, gudeg, telur atau ayam, tahu atau tempe bacem, dan sambal goreng krecek. Sebagai pelengkap, segelas teh manis bisa dipesan, baik dingin maupun panas.

                Selain gudeg, depot ini juga menyajikan lotek serta aneka macam bacem dan krupuk. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau yaitu dari 1.000-11.000 rupiah. Tempatnya juga cukup strategis, karena berada di tepi jalan besar menuju Kota batu. Konsep lesehan juga menjadi kelebihan tersendiri. Depot yang buka tiap hari dari pukul 05.30-16.00 WIB ini merupakan pilihan yang tepat bagi anda yang mencari menu sarapan maupun makan siang.  Depot ini juga menerima pesanan dengan menghubungi (0341) 7018828. (Adel)

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 24, 2011 in Pilihan Menu

 
Galeri

Manfaat Rambutan

Saat ini buah rambutan sedang banyak dijual dipasaran. Buah jenis ini bukanlah buah biasa, selain dagingnya, ternyata bagian – bagian lain juga punya manfaat lo kawan..

Buah yang tumbuh di kawasan Asia, terutama Indonesia dan Malaysia ini punya khasiat yang besar terhadap kesehatan kita.  Rambutan mengandung vitamin C yang cukup tinggi, serat dan kangdungan gula alami. Buah ini juga punya khasiat yang besar untuk kesehatan pria. Bagian-bagian selain daging buahnya juga sangat bagus untuk penyembuhan berbagai penyakit. Misalnya :

Bijinya : Untuk membantu penyembuhan penyakit diabetes (gula darah tinggi) . Caranya, sangrai 5 buah biji rambutan hingga kering, kemudian tumbuk menjadi serbuk. Seduh dengan 1 cangkir air panas dan minum sehari sekali. Namun apabila Gula darah jauh melebihi normal, Anda bisa minum sehari 2 gelas.

Daun : Daun Rambutan punya manfaat yang sama dengan kemiri, yaitu untuk menghitamkan rambut. Caranya mudah, cuci daun rambutan hingga bersih, kemudian tambahkan sedikit air dan tumbuk hingga menjadi bubur. Saring tersebut, dan gunakan airnya untuk mencuci rambut, lakukan setiap hari. Dijamin rambut kamu hitam alami dan berkilau..

Mudah kan kawan, rambut hitam memang lebih indah dan telah mencirikan rambut asli masyarakat Indonesia.. dan untuk mendapatkannya sangat mudah.. (dari berbagai sumber-ff)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 24, 2011 in Info Menarik

 
Galeri

Nuansa “Tradisional nan Elit” di Rumah Makan Kertanegara

Rumah Makan Kertanegara tampak luar

Lokasi : l. Kertanegara No.1, Malang

Tepatnya di belakang SMUN 1 Malang (Tugu) sebelum stasiun Malang. Lokasinya sangat strategis dan mudah dicari lo teman-teman. Tampak luar, rumah makan ini sepertinya eksklusif, namun bila kita menjajalnya.. waaawww… luar biasa..

Konsepnya tak jauh berbeda dengan Taman Indie Resto yang ada di Araya. Namun juga tak jauh beda dengan Harmoni Resto. Suasana pedesaan dengan alunan musik instrumen jawa sangat nyaman ditelinga. Masakan yang disediakan di Kertanegara ini antara lain masakan khas Indonesia, Aneka seafood dan masakan cina. Ada pilihan makanan aneka daging panggang dan bakar (ayam, sapi, seafood, ikan), sup ayam dan asparagus, nasi goreng, dan olahan mie.

Saat kami mengunjungi Kertanegara di malam hari, kami disambut dengan life music yang disiapkan oleh pihak restaurant, kita dapat berlama – lama disana karena Restaurant ini menyediakan hot spot area, tempat khusus pecinta kopi dan juga Hall yang bisa digunakan untuk acara-acara pertemuan.

Soal harga, standar kok teman-teman.. lebih enak datang beramai-ramai dengan kawan-kawan atau keluarga, jadi lebih irit..(ff)

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Desember 24, 2011 in Pilihan Menu

 
Galeri

Taman Indie, River View Resto

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Lokasi : Lawang Sewu Golf No2-18, Kota Araya

Tepatnya di tepi sungai Bangomalang dan berdekatan dengan club house Araya, Anda bisa menemukan restaurant elit bergaya tradisional yang sangat menarik. Taman Indie adalah bagian dari fasilitas yang ada di Kota Araya, Malang. Disana kita disuguhi dengan menu – menu lezat masakan nusantara yang disajikan dengan daun pisang, hmmmm terasa aroma yang menggugah selera, seperti ayam lodho, ayam taliwang, iga bakar, nasi bali, dan aneka minuman segar yang jarang Anda temukan di tempat makan lain.

Bangunan restaurantnya sendiri dibangun sedemikian rupa, berbahan utama kayu sehingga nampak menyatu dengan alam. apalagi ditambah dengan suasana pedesaan yang kental, seperti sawah-sawah dan lampu-lampu desa. Eiitsss tapi ndak hanya masakan Indonesia yang menjadi unggulan di Taman Indie Resto ini. Ada pula makanan pembuka yang berasal dari China, Jepang dan Eropa. Tapi tetap nikmat karena sedikit disesuaikan dengan lidah orang indonesia. Selain itu, di restaurant ini juga menjual berbagai jajanan yang unik dan lezat lo..

Soal harga, rata-rata harganya Rp 40.000an, namun bila kita datang bersama kawan-kawan dan menikmati seluruh pelayanan disana, soal harga tidak akan menjadi masalah kan..(ff)

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Desember 24, 2011 in Pilihan Menu

 
Galeri

Resep Lodeh

Lodeh.. mmmmm… resep-resep kita memang mudah dipraktekin

nah, buat sayurnya, kita pilih lodeh. selain mudah, lodeh juga nikmat dan seger banget. berikut resepnya :

Bahan, potong sesuai selera:
Jagung
Labu siam
Terong ungu
Kacang panjang
Tempe
Melinjo + daunnya
Cabe hijau

Tetelan
Santan

Bumbu, haluskan:
5 bawang merah
3 bawang putih
1 cabe merah
3 kemiri
1 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt terasi matang

1 cm lengkuas
1 lbr daun salam
1 bh kecombrang/honje (bila ada)

Garam
Gula merah
Air asam jawa

Cara membuat:
Rebus tetelan hingga empuk.
Tumis bumbu halus bersama lengkuas dan salam hingga harum, masukkan ke dlm kaldu.
Masak dgn api kecil hingga keluar aromanya.
Masukkan jagung, masak hingga matang
Tambahkan santan dan sayuran lainnya.
Bubuhi garam, gula merah/gula pasir dan asam jawa.
Masak sampai semuanya matang. Cicipi rasanya

Note:
Pemakaian kecombrang bikin sensasinya lain, enak…seger!

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 24, 2011 in Resep

 
 
%d blogger menyukai ini: